Sabtu, 16 November 2013

Memiliki Indonesia

Kira-kira kalau kita punya rumah tetapi sangat kotor apa yang kita lakukan? Pasti membersihkannya kan?. Kok kenapa kita mau membersihkan rumah kita? Kan itu rumah sendiri. Karena kita yang punya rumah itu. Beda kalau itu bukan rumah kita, mungkin masa bodoh aja. Rumah yang kita tinggali, tempat kita berteduh, dan “surganya” kita ya mestinya harus dirawat dong. Ga mungkin dong rumah yang kita tinggal di situ kalau ada yang rusak dibiarin aja. Setidaknya sama-sama benerin rumah itu.

Saat ini “rumah besar” kita adalah Indonesia. Ya I-N-D-O-N-E-S-I-A. kita yang dilahirkan di tanah tercinta ini, kita yang minum air dari negeri ini, kita yang menghirup udara setiap saat dan mungkin kita yang akan kembali bersatu menjadi tanah kembali. Ya negeri kita saat ini memang sedang “kotor” dan banyak yang “rusak”. Namun kalau kita punya rasa memiliki Indonesia, maka kita akan bersama-sama membersihkan dan merawat Indonesia. Indonesia memang luas, kaya dan menawan. Kalau “rumah besar” kita ini bermasalah yaa setidaknya jangan jadi bagian dari masalah itu atau menjadi solusi itu jauh lebih baik.

Menjadi solusi itu sebuah keharusan. Apalagi pemudanya. Saat ini rakyat Indonesia masih banyak yang miskin, ya minimal kita tidak miskin. Kalau solusi saya jadi pengusaha, buat lapangan pekerjaan. Ini solusi pribadi saya. Sudahlah tak perlu mengecam keadaan lagi apalagi mengecam pemerintah. Mau menjadi bagian dari masalah atau solusi?! Sekali lagi, ini Rumah kita ayo kita yang merawat. Kalau bukan kita yang peduli, siapa lagi?

Memang Indonesia sedang “kotor” saatnya kita “menyapu”. Ayo buat gerakan #IndonesiaMenyapu. Eh buakan J. Maksud saya kalau menyapu itu lidinya harus banyak. Kalau lidinya Cuma satu ya kapan mau bersihnya?. Jika ada masalah dikerjakan keroyokan atau sama-sama pasti bakal lebih mudah. Kalau solusi saya dulu membuat komunitas dan sampai saat ini bergerak di pendidikan anak-anak. Ini sebuah usaha bersama teman-teman untuk memajukan pendidikan di daerah saya. Walaupun usaha kecil namun visi kami besar. Focus aja satu masalah kemudian cari solusinya dan yang penting bareng-bareng.


Indonesia mempunyai potensi yang besar, namun juga masalah yang besar. Sudah saatnya kita yang mengendalikan seluruh kekayaan negri ini. Karena kita yang memiliki Indonesia. Anak bangsa yang harus memilikinya bukan asing yang merebutnya. Ayo kita sama-sama memiliki Indonesia J

0 komentar:

Posting Komentar